Terapi Osteoarthritis dan Operasi Penggantian Lutut

 

terapi osteoarthritis

Osteoarthritis adalah bentuk arthritis paling kerap terjadi. Kondisi ini terjadi ketika cairan pelindung kartilago pada ujung-ujung tulang semakin sedikit. Meski dapat merusak sendi-sendi di tubuh, osteoartritis sering menyerang sendi lutut, tangan, tulang belakang, dan panggul. Pengobatan yang paling populer adalah terapi osteoarthritis.

Jenis-jenis Terapi Osteoarthritis

1. Terapi Osteoarthritis Non-obat

Terapi ini terdiri dari beberapa bagian yaitu edukasi, penurunan berat badan, terapi kerja, serta terapi kerja. Yang terpenting pada edukasi adalah meyakinkan pengidap untuk tidak bergantung orang lain.

2. Terapi Osteoarthritis Obat

Parasetamol adalah analgesik pertama yang bisa diberikan ke pengidap osteoarthritis. Jika tidak cukup membantu, bisa dikombinasikan dengan co proxamol. Untuk menghilangkan nyeri, obat yang biasa diberikan adalah obat anti-inflamasi non-steroid.

3. Terapi Osteoarthritis Lokal

Terapi ini meliputi pemberian injeksi intra articular steroid dan terapi topikal seperti krem capsaicin, krem salisilat, dan krem OAINS. Pada beberapa kasus, kadang memerlukan terapi suntik seperti injeksi steroid intra artikular untuk infeksi lokal.

4. Terapi Operasi Osteoarthritis

Jika kondisi sudah parah, penderita osteoarthritis harus melakukan operasi seperti artroplasti, dekompresi tulang, joint debridement, atau arthroscopic debridement.

Operasi Penggantian Lutut

1. Penggantian Lutut Total

Operasi ini dilakukan dengan mengganti semua bagian sendi lutut termasuk tulang betis, sebagian tulang paha, dan tulang tempurung lutut. Selain itu, bantalan sendi lutut juga akan diganti plastik atau logam.

2. Penggantian Lutut Parsial

Operasi ini dilakukan dengan memotong tulang & sendi di bagian yang mengalami peradangan saja.

3. Penggantian Lutut Bilateral

Ini adalah operasi penggantian lutut pada kedua lutut pada waktu bersamaan. Operasi ini hanya boleh dilakukan pada pasien yang didiagnosa menderita radang sendi di kedua lutut.

Setelah melakukan operasi penggantian lutut, pasien akan merasa nyeri pada sekitar lutut. Ini adalah gejala normal selama proses pemulihan. Dokter juga akan memberi obat untuk meredakan nyeri seperti ketorolac. Selain itu, dokter mungkin akan memberi obat pengencer darah agar pasien terhindar dari deep vein thrombosis. Satu lagi, pasien dianjurkan sering menggerakkan kaki & tumit selama masa pemulihan agar aliran darah pada tungkai terus terjaga.


Posting Komentar

0 Komentar